Makna Logo:

  1. Siluet pelangi 2 (dua) manusia menggambarkan tentang kepedulian Poltekkes Kemenkes Semarang yang mendidik dan melahirkan tenaga kesehatan dari berbagai bidang ilmu yaitu Keperawatan, Kebidanan, Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, Keperawatan Gigi, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan, Rekam Medis dan Informasi Kesehatan dengan kualifikasi Ahli Madya, Sarjana Terapan, Profesi dan Magister Terapan Kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular.
  2. Kelopak daun berwarna hitam berjumlah 4 (empat) helai melambangkan upaya Poltekkes Kemenkes Semarang dalam menerapkan pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular melalui 4 (empat) pilar:
    • Pilar pertama, ¬†yaitu promosi kesehatan dengan cara menggiatkan informasi dan edukasi terkait risiko penyakit tidak menular kepada masyarakat.
    • Pilar kedua, yaitu melakukan program deteksi dini kepada kalangan masyarakat baik populasi sehat maupun tidak sehat melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu).
    • Pilar ketiga, yaitu upaya menggiatkan imunisasi khusus seperti kanker serviks/tes IVA maupun upaya deteksi dini penyakit tidak menular di fasilitas kesehatan maupun komunitas.
    • Pilar keempat, yaitu menggerakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).